Minggu, 17 Maret 2013

Pengertian Mekatronika

Sistem Mekatronika
sistem mektronika (mechatroninics :mechanics and electronics system) adalah sebuah sistem dengan tingkah laku yang cerdas.Pengertian lain dari mekatronika adalah aplikasi dari pengambilan keputusan kompleks kepada operasi sistem_sistem fisik. Untuk menunjukkan tingkah laku ini , sistem mekatronika seringkali merupakan implementasi berbasis komputer dari teori kontrol dan robotika.
sistem menjadi tiga subsistem , yaitu target environment (lingkungan target) atau controlled system(sistem yang di kontrol) , controlling system (sistem pengontrol) dan operator seperti terlihat pada gambar 1. sistem pengontol harus mengendalikan kedinamisan dari komponen-komponen fisik di dalam linkungan target dengan cara yang efektif . sistem ini juga di sebut embedded (dedicated) real time system . Bidang implementasi yang khas bagi embedded real time system mencakup pengembangan pesawat udara . pesawat ruang angkasa ,kendaraan dengan lintasan jalan atau rel dan robotika.
Definisi dari sistem-sistem ini adalah sebagai berikut :


  • Embedded system adalah sebuah sistem komputer yang membentuk bagian internal dari sistem yang lebih besar atau peralatan- peralatan yang didalamnya terdapat komputer, contohnya mobil,handphone,mesin fotokopi ,dll.
  • Real time adalah sebuah sistem dimna keberhasilan eksekusi tidak hanya bergantung kepada pembenaran logika dari keluaran yang di hasilkan tetapi juga waktu saat hasil di peroleh.
  • system adalah himpunan dari elemen-elemen berbeda yang dihubungkan atau di relasikan untuk melaksanakan  fungsi yang unik tidak hanya dikerjakan oleh sebuah elemen.
  • Contoh sistem Mekartonika :

  • Digunakan pada remote control
  • Peralatan-peralatan elektronik seperti pesawat televisi, radio tape, VCD player, DVD player, atau penyejuk ruangan(AC), saat ini dapat dipastikan sudah dilengkapi dengan sebuah remote control. Dengan remote control tersebut, kita dapat mengatur pesawat TV seperti memindahkan saluran TV atau mengubah volume suara dari posisi tempat duduk kita tanpa perlu mendatangi pesawat TV.
    Komponen-komponen remote control
    Komponen-komponen remote control yang dijelaskan adalah jenis remote control yang sering dijumpai di peralatan-peralatan elektronika rumah, menggunakan gelombang infra merah sebagai pembawa sinyal. Sebuah sistem remote control terdiri dari beberapa bagian :

  • Transmitter(pengirim sinyal)
  • Alat ini berfungsi untuk mengirimkan instruksi ke peralatan elektronika. Alat ini adalah sebuah LED(light emitting Diode) sinar infra merah yang berada di pesawat remote control.

  • Panel Remote control.

  • Papan rangkaian elektronik
    Di dalam setiap pesawat remote control terdapat sebuah papan rangkaian elektronik, dalam bentuk sirkuit terintegrasi(integrated circuit). Fungsi komponen ini adalah membaca tombol yang ditekan pengguna kemudian membangkitkan transmitter untuk mengirimkan sinyal dengan pola sesuai tombol yang ditekan

  • Receiver(penerima sinyal)
    Llat ini berada di dalam alat elektronika yang akan menerima instruksi. Untuk jenis sinar infra merah alat yang digunakan adalah fototransistor infra merah. Alat ini berperan dalam mendeteksi pola sinyal infra merah yang dikirimkan remote control.
    Gelombang infra red adalah salah satu nama untuk lebar frekuensi pada spektrum gelombang elektromagnetik. Pada spektrum gelombang electromagnet, panjang gelombang infra red lebih panjang dari cahaya tampak dan lebih pendek dari gelombang radio. Panjang gelombang infra red berada antara 750 nm(nano meter) hingga 1 mm(mili meter). Prinsip cara kerja remote control sendiri sebetulnya cukup sederhana, sinyal sinar infra merah dipancarkan dari pemancar remote control membentuk pola sinyal tertentu. Selanjutnya pola sinyal tersebut akan diterima oleh peralatan elektronik, lalu pola sinyal tersebut akan diterjemahkan menjadi instruksi tertentu.
  • Panel ini berisi sejumlah tombol di pesawat remote control. Setiap tombol memiliki fungsi yang berbeda-beda.Bentuk panel ini tergantung dari jenis alat yang dikendalikannya.
    2. Digunakan pada mouse komputer
    Apakah ini itu - Mouse komputer berteknologi bola (track ball), kini sudah tergantikan dengan optik. Mouse optik memiliki kamera beresolusi rendah yang dapat menangkap sekitar 1500 – 6000 gambar permukaan di bawahnya. Dengan kemampuan analisanya, mouse dapat menghitung posisi, kecepatan, dan pergerakannya.
    Komponen komponen
    Dengan membuka penutup atas, kita akan mengetahui bagaimana isi di dalam mouse yang penuh dengan komponen elektronik.
    Penutup plastik transparan digunakan untuk merefleksikan dan memusatkan sinar yang dipancarkan di bawah kamera.
    Lensa yang berbentuk khusus ini dirancang untuk memantulkan cahaya LED ke permukaan.
    Lampu LED berguna untuk menerangi bagian permukaan yang akan memantul kembali ke kamera ketika ingin mendapatkan gambar yang jelas dari permukaan bawah mouse.
    Terminal IC ini adalah sebuah sensor mouse optik yang bekerja dengan teknologi navigasi optik. Gunanya untuk mengukur perubahan posisi berdasarkan perolehan gambar permukaan yang akan menentukan arah dan jarak gerakan.
    IC di atas berisi Sistem Image Acquisition (IAS), Digital Signal Processor (DSP) dan dua port kabel serial. IAS mengambil gambar dari permukaan yang kemudian diproses oleh DSP. Koordinat yang dihasilkan terus disimpan dan dapat diekstraksi menggunakan format serial antarmuka.
    Terdapat IC lainnya (A2611D) yang berfungsi untuk menerima input dari Sensor Optical Mouse melalui protokol I2C, membawa input dari kiri-kanan-tengah mouse untuk dikirimkan ke PC, sebagai regulator tegangan, dan bekerja sebagai USB tranceiver yang dapat mengirim dan menerima data dari USB.
    Ketika kita memutar roda mouse, potensiometer yang terpasang pada roda seperti gambar di bawah juga berputar, sehingga menghasilkan tegangan output yang berbeda. Potensiometer bekerja sebagai sensor dan sinyal output di mana variabel tegangan setelah pengolahan akan diberikan ke PC.
    Struktur di dalam potensiometer yang dipasangkan pada roda mouse.
    Tombol merah seperti ditunjukkan di bawah adalah klik tengah dari mouse.
    Inilah bagian dalam komponen bertombol merah tadi. Ketika tombol di klik, dibawahnya terdapat plat logam fleksibel yang akan mendeteksi klik dari mouse.
    3.Digunakan pada printer
    KOMPONEN PRINTER
    Mainboard printer
    Merupakan pusat kontrol dari printer, semua printah kerja mekanik maupun data terjadi di bagian ini
    Salah satu bentuk mainboard Printer
    .
    Timing disk
    adalah komponen yang berfungsi sebagai timing ( Pewaktu ) pada waktu printer menarik kertas, penjelasan yang lebih gampang-nya adalah perbedaan berjalanya kertas ketika kita menggunakan kualitas biasa dan kualitas foto / higth. disitu terlihat kecepatan yang berbeda. di sinilah fungsi alat ini. namun beberapa type printer tidak menggunakan timing disk.
    Trouble yang sering di alami jika alat ini kotor ( terkena tinta ) atau tergores.
    * ketika printer di nyalakan, lampu indikator orange langsung menyala dalam 2 atau 3 detik ( Printer Canon ), cirinya : rol penarik kertas bergerak sangat cepat.
    * Text atau gambar berbayang atau putus kebawah ( bukan kesamping )
    Encoder
    Letak encoder biasanya ada di belekang HEAD / Tempat catrid, fungsi alat ini hampir sama dengan timing disk. Namun penggunaanya yang berbeda, encoder bekerja sebagai timing pada HEAD. sama dengan timing disk, alat ini tidak terdapat di beberapa jenis dan tipe printer.
    trouble yang sering terjadi jika alat ini kotor atau rusak.
    * hasil print ( text atau gambar ) berbayang atau putus ke samping.
    * tempat catrid atau head  bergerak cepat ke-kanan dan ke-kiri
    Rol Penarik kertas
    trouble yang sering terjadi jika bagian ini putus.
    * printar akan menarik kertas lebih dari satu lembar, atau mungkin tidak bisa menarik kertas sama sekali.
    Sensor paper
    Sensor ini bekerja sebagai pendeteksi ada tidaknya kertas untuk di print, berfungsi pula untuk mendeteksi panjang pendeknya kertas. biasanya alat ini terdapat di bagian samping atau atas Rol penarik kertas.
    masalah yang sering terjadi diantaranya :
    * pada layar akan tampil informasi “Paper jam” ( bukan berarti kertas telat karena kita lupa mengisi kertas ).
    ada 2 sensor yang tertanam di print, di atas rol kertas dan di atas rol mesin samping. Poko’e gabung 1 kabel dengan sensor ini. pastikan semua dalam kondisi
    bagus dan tidak putus. di dalam kotak hitam yang berbentuk huruf “U” itu terdapat LDR ( sensor cahaya ) dan LED ( lampu LED warna merah ) yang dinamakan photo interupter.  pastikan sampean bisa ngetes kedua komponen itu. nek g iso takon seng iso ae….
    Photo-interrupter
    mempunyai prinsip kerja yang hampir sama dengan optocoupler. Akan tetapi, photo-interrupter dapat digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya halangan yg berada diantara transmitter dan receiver.
    Photo-interrupter bekerja dengan logika seperti berikut :
    Tidak ada halangan
    Saat tidak ada halangan, cahaya inframerah yang dipancarkan oleh IR LED (transmitter) dapat diterima oleh phototransistor (receiver). Sehingga output photo-interrupter akan berlogika HIGH, “1″
    Ada halangan
    Saat ada halangan, cahaya inframerah yang dipancarkan oleh IR LED (transmitter) tidak dapat diterima oleh phototransistor (receiver). Sehingga output photo-interrupter akan berlogika LOW, “0″
    Photointerrupter yang biasa saya pakai adalah H21A3 buatan Fairchild Semiconductor. Dalam aplikasinya,
    Power supply


    Merupakan penyuplai tegangan pada komponen printer.

    Gambar di samping merupakan Power supply printer canon dan epson, masalah yang sering terjadi jika alat ini rusak atau voltase ( Volt ) yang di hasilkan kurang :
    * printer mati total atau tidak menyala sama sekali.
    jika masalah itu terjadi, periksa terlebih dahulu kabel power-nya. dan selanjutnya periksa voltase yang di keluarkan alat ini. jika semua baik-baik saja, berarti Mainboard printer’e BOSOK….. wes ndang di buak ae..

    Kabel Flexibel
    masalah yang sering terjadi jika kabel ini bermasalah, tapi kasus yang di alami sangatlah jarang.
    * katrid tidak bisa terdeteksi. ( jika sudah di ganti dengan katrid lain yang masih normal ).
    * Tempat katrid ( canon ) atau Head ( epson ) bergerak cepat kesamping kanan dan kiri secara cepat. pastikan terlebih dahulu sensor Encoder masih bagus.


    HEAD DAN KATRID
    Head printer epson
    Adalah otak dari output printer, disinilah perintah nge-print dari komputer baik text maupun gambar di cetak ke kertas.
    Head printer canon, HP, yang menjadi satu dengan  katrid

    1 komentar:

    1. stainless steel spade - titanium sponge | TITNIA.com
      Stainless Steel Spade is a solid chrome plated stainless steel titanium gr 2 razor with a titanium grinder detachable handle. These are the stainless head titanium tennis racket steel titanium tube spades in the box.$12.00 · titanium metal ‎In stock

      BalasHapus